Minggu, 22 April 2012

Pengertian Tekun


2.       Tekun
Selain pekerja keras, kita harus tekun dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Tekun berarti  bersungguh-sungguh dan terus menerus dalam bekerja meskipun mengalami kesulitan, hambatan dan rintangan. Dalam menuntut ilmu pengetahuan, kita tidak boleh setengah-setengah.  Ilmu pengetahuan itu sangat penting bagi kehidupan.
Dalam belajar kita mengalami kesulitan. Namun kita tidak boleh putus asa.
Sikap tekun menjadikan diri kita lebih terampil dan mumpuni dalam bidang yg kita tekuni. Sebagai orang beriman, kita harus menekuni bidang kita masing-masing , sebaagai mana diamanatkan dalam Surah Al-Isra’ ayat 84 berikut ini:
@è% @@à2 ã@yJ÷ètƒ 4n?tã ¾ÏmÏFn=Ï.$x© öNä3š/tsù ãNn=÷ær& ô`yJÎ/ uqèd 3y÷dr& WxÎ6y ÇÑÍÈ  
84. Katakanlah: "Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya[867] masing-masing". Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalanNya.
Orang yang tekun itu pangtang putus asa oleh karena itu, kita tidak boleh putus asa jika gagal dalam ikhtiar. Firman Allah berikut ini :
ö¢ÓÍ_t7»tƒ (#qç7ydøŒ$# (#qÝ¡¡¡ystFsù `ÏB y#ßqムÏmŠÅzr&ur Ÿwur (#qÝ¡t«÷ƒ($s? `ÏB Çy÷r§ «!$# ( ¼çm¯RÎ) Ÿw ߧt«÷ƒ($tƒ `ÏB Çy÷r§ «!$# žwÎ) ãPöqs)ø9$# tbrãÏÿ»s3ø9$# ÇÑÐÈ  
87. Hai anak-anakku, Pergilah kamu, Maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir".
Manfaat tekun :
1.       Dapat menghasilkan apa yang di kerjakan
2.       Menghasilkan sesuatu yang maksimal
3.       Selalu berusaha agar usahanya berhasil
4.       Meminimalisir kesalahan
5.       Mendapat pahala karena bersikap tekun itu melaksanakan ajaran Islam 

2 komentar: